Back
Taman Buaya Indonesia Jaya
Author Susi
Monday, Nov 4, 2013 11:41 pm
Taman Buaya Indonesia Jaya
 
Taman Buaya Indonesia Jaya yang terkenal sejak tahun 1958 di Jalan Bandengan Utara No. 27, Jakarta Barat dengan pemimpinnya Bapak Lukman Arifin, merupakan sebuah taman reptil yang memiliki koleksi khusus satwa buaya. Dalam taman buaya tersebut terdiri atas beberapa kolam yang dihuni ribuan ekor buaya besar dan kecil. Jenis buaya ini tentu tak bisa lepas dari nama Lukman Arifin dan anak buahnya. Salah satu putranya, Suharta Arifin meneruskan profesi Ayahnya dengan mendirikan Taman Buaya Indonesia Jaya di Bali.
           
Perkembangan lokasi penangkaran Taman Buaya Indonesia Jaya berpindah-pindah setelah di Bandengan Utara No. 27 ditutup dan hanya digunakan untuk kantor, tempat yang digunakan adalah kolam PPL Pluit, kemudian lokasi pindah di Desa Sukaragam, Bekasi dan Tanjung Pasir, Tangerang sekaligus tempat rekreasi hingga sekarang.
           
Selain masalah penampilan dan pertunjukan yang dapat menarik pengunjung, Taman Buaya juga menghadapi krisis "pakan". Pakan menjadi mahal dan sulit didapat sehingga buaya juga harus melakukan puasa, akibatnya buaya mudah terserang penyakit dan banyak pula yang mati. Sedangkan kulitnya yang biasa dibuat hiasan tak laku untuk dijual. Taman Buaya harus mengutamakan pakan ribuan buaya dengan daging ayam dan ikan, maka dapur Taman Buaya merupakan tempat tersendiri yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya.

Taman Buaya Indonesia Jaya Jakarta
Jl. Bandengan Utara 27, JAKARTA 11240 (Kantor Pusat)
Telp.                     : (021) 6910226
Fax                       : 
Email                    : 
Website                : 
Berdiri                   : 1983
Luas                     : 2 ha
Status                   : Yayasan
Izin LK                   : 
Anggota PKBSI     : 025
 Lokasi Penangkaran
Jl. Raya Tanjung Pasir No. 42, KM. 5,5 Teluknaga, Tangerang 15510
Telp.                     : (021) 9816 8810 / 5593 2643
Fax                       : (021) 5593 3902
 

Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed