Back
Taman Satwa Bengkulu
Author Susi
Monday, Nov 4, 2013 1:23 am
Taman Satwa Bengkulu
 
Taman Satwa Bengkulu merupakan kebun binatang mini yang dibangun oleh Pemda Propinsi Bengkulu pada tahun 1984, berada di komplek Taman Remaja Lingkar Timur Kotamadya Bengkulu dan peresmiannya dilakukan oleh alm. Ibu Tien Soeharto dengan tujuan sebagai sarana pariwisata dan pendidikan bagi masyarakat Bengkulu.
 
Lokasi Taman Satwa Bengkulu terletak 8 km dari pusat kota sehingga mudah dicapai pengunjung karena letaknya berada sektiar jalan lintas propinsi yang kondisinya cukup baik.
 
Merupakan satu-satunya Taman Satwa yang ada di Propinsi Bengkulu dengan koleksi satwa asli yang ada di daerah Bengkulu. Pada awalnya pengelolaannya diserahkan kepada Dinas Peternakan Dati I Bengkulu, beberapa tahun kemudian dilimpahkan kepada Pemda Kotamadya Dati II Bengkulu melalui Dinas Peternakan. Memiliki koleksi mamalia 7 spesies 15 spesimen, aves 14 spesies 38 spesimen, reptil 4 spesies 30 spesimen. Jenis-jenis satwa yang unik dan menjadi ciri khas daerah Bngkulu antara lain: Siamang Enggang (cara hidup banyak melakukan teriakan yang melengking); Burung Enggang (cara hidup mengerami telurnya diatas pohon yang tinggi dan menutup lubang pohon dengan tanah hanya disisakan sedikit untuk udara dan suplay makanan dari Enggang jantan, sampai anak Enggang siap terbang).

Taman Satwa Bengkulu
Jl. Pratu Aidit No. 1, Kel. Kampung Bali, BENGKULU
Telp                      : (0736) 21801
E-mail                   : 
Website                : 
Berdiri                   : 1984
Luas                     : 2,5 ha
Status                   : Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu
Izin LK                   : 
 
Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu
Jl. Irian Km. 6,5, Bengkulu 38119
Telp.                     : (0736) 22267


Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed