Back
Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Author Susi
Tuesday, Nov 5, 2013 12:59 am
Kebun Binatang Surabaya (KBS)
 
Kebun Binatang Surabaya (KBS) didirikan berdasarkan SK. Gubernur Jenderal Belanda tanggal 31 Agustus 1916 nomor 40 dengan nama "Soerabaiasche Planten-en Dierentuin" (Kebun Botani dan Kebun Binatang Surabaya), atas jasa jurnalis bernama H.F.K. Kommer, yang memiliki hobi mengumpulkan binatang.
           
Lokasi kebun binatang yang pertama di Kaliondo, kemudian pindah ke jalan Groedo (sekarang Jl. Pandegiling). Pada tahun 1920, Oost - Java Stoomtram Maatschappij (OJS - Maskapai Tram Uap Jawa Timur) mengusahakan lokasi seluas 30.500 m2 di daerah Darmo untuk areal kebun binatang yang baru. Dengan SK. DPR tanggal 3 Juli 1927 nomor 43 dibelilah tanah seluas 32.000m2 atas sumbangan OJS.
           
Dalam perkem-bangannya, KBS telah berubah fungsinya dari tahun ke tahun. Dahulu hanya sekedar untuk tempat rekreasi, berkembang menjadi sarana perlindungan dan pelestarian alam, pendidikan, penelitian dan rekreasi. Selain itu juga berfungsi sebagai "hutan kota" dan "paru-paru kota" bagi kota Surabaya.
           
Kebun Binatang Surabaya terletak di Jl. Setail No. 1 Surabaya masuk dalam wilayah Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kotamadya Surabaya, menampilkan beranekaragam satwa dengan fasilitas sangkar terbuka, pulau kera yang dikelilingi parit dan tanaman-tanaman, dan sangkar semi terbuka. Selain itu pelayanan pendidikan bagi murid-murid sekolah dari semua tingkatan diberikan dalam bentuk ceramah, bimbingan karya tulis, pengenalan satwa dan sebagainya.
           
Kegiatan dan hasil yang telah dicapai sebagai lembaga konservasi ex-situ dalam program penangkaran jenis unggulan seperti: Bekantan (Nasalis larvatus) dalam sangkar terbuka; Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae); Babirusa (Babirussa babyrousa); Komodo (Varanus komodoensis); Pelikan Kacamata (Pelecanus conspicillatus).

Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS)
Jl. Setail No. 1, SURABAYA 60241
Telp.                     : (031) 5678703 / 5624674
Fax                       : (031) 5677868
Email                    : kbscom@rad.net.id
                               kbsurabaya@yahoo.com
Website                : www.surabayazoo.or.id
Berdiri                   : 31 Agustus 1916
Luas                     : 15 ha
Status                   : 
Izin LK                   : 13/Kpts/DJ-IV/2002 (dicabut)

Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed