Back
Taman Safari Indonesia Unit II Prigen, Jawa Timur
Author Susi
Tuesday, Nov 5, 2013 1:23 am
Taman Safari Indonesia Unit II Prigen, Jawa Timur
 
Seiring dengan keberhasilan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor di bidang konservasi yang berhasil menangkarkan satwa-satwa langka dan bidang pariwisata, maka Menteri Kehutanan serta Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi menyarankan kepada pengelola TSI untuk memprogramkan pengembangan ke wilayah Timur. Atas dasar itulah sejak akhir tahun 1994 mulai dirintis, disamping itu lahan habitat satwa di TSI Bogor sudah tak memadai. Hal tersebut kemudian mendapat dukungan dari Gubernur KDH TK I Propinsi Jawa Timur. Pembangunan TSI dilaksanakan dalam waktu yang sangat singkat yaitu selama kurang lebih satu tahun, maka pada tanggal 29 Desember 1991, Taman Safari II diresmikan dan dibuka oleh Gubernur KDH TK.I Propinsi Jawa Timur (Bapak Basofi Soedirman).
           
Dengan kehadiran TSI-II dapat menambah daya tarik wisata di Propinsi Jawa Timur. Dan seperti halnya keberadaan Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor, TSI II diharapkan banyak memberikan dampak sosial ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung khususnya bagi masyarakat setempat serta menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Timur.
           
TSI-II terletak di kawasan wisata Tretes tepatnya di Desa Jatiarjo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan berjarak kurang lebih 55 km dari arah Surabaya dan sekitar 45 km dari arah Malang. Area ini di kaki Gunung Arjuno dan terletak di atas ketinggian antara 800 sampai 1500 m dpl. dengan suhu udara 20-25ºC dan curah hujan rata-rata 2700 mm pertahun. Melalui kerjasama operasional KSO dengan forum Perhutani maka diperoleh total lahan seluas 365 ha, dimana dari 230 ha lahan Perhutani dimanfaatkan sebagai lokasi kegiatan konservasi ex-situ khususnya untuk peragaan dan penangkaran satwa-satwa liar yang dibagi dalam beberapa zona yaitu : Zona Eropa, Amerika, Asia dan Afrika. Setiap zona dihuni oleh satwa-satwa khas yang berasal dari Negara-negara tersebut dengan keunikan dimana peragaan satwa-satwanya dicampur seperti di alam aslinya, dengan konsep modern (mix exhibit). Sedangkan sisa lahan seluas 200 ha dijadikan sebagai sarana penunjang TSI II berupa Taman Rekreasi keluarga yang juga menampilkan pertunjukan yang mengandung unsur pendidikan bagi para pengunjung.
           
TSI-II merupakan kebun binatang modern yang berwawasan lingkungan dan memiliki fungsi dibidang konservasi pendidikan, penelitian dan rekreasi sesuai dengan motto TSI-II yaitu Conservation, Education and Fun. Khusus dibidang Pendidikan dan Penelitian saat ini TSI telah mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak.


Taman Safari Indonesia Unit II
Desa Jatiarjo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, JAWA TIMUR
Telp.                      : (0343) 7735 000
Fax                       : 0828 9540 1671
Email                    : safari2@tamansafari.net  
Website                : www.tamansafari2.com
Berdiri                   : 29 Desember 1997
Luas                     : 135 ha
Status                   : Swasta
Izin LK                   : SK.243/Menhut-II/2007 (19 Juli 2007)


Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed