Back
Jawa Timur Park
Author Susi
Tuesday, Nov 5, 2013 1:24 am
Jawa Timur Park
 
Jawa Timur Park merupakan obyek pariwisata yang memadukan secara serasi antara konsep pendidikan dan konsep pariwisata dalam satu ruang dan satu waktu, sehingga mampu memberikan informasi kepada masyarakat untuk dapat lebih mengenal budaya bangsa sekaligus menambah khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi.
           
Jawa Timur dan Kota Batu khususnya, telah mempromosikan diri sebagai Daerah Tujuan Wisata, tetapi tidak dapat disangkal apabila obyek wisatanya tidak mengalami perkembangan yang berarti. Oleh karena itu, kunjungan wisatawan lebih banyak tersedot ke Bali atau Yogyakarta, sementara Jawa Timur cukup puas sebagai Daerah Transit Wisata saja. Padahal potensi alam, flora fauna, sejarah, maupun potensi budaya yang dimiliki Jawa Timur tidak kalah dibandingkan dengan daerah-daerah lain.
           
Kota Batu sebagai wilayah administrasi pemerintahan yang otonom memang belum berumur lama. Tetapi, sebagai Daerah Tujuan wisata, kota Batu sudah dikenal sejak masa kolonial Hindia Belanda. Kondisi morfologinya yang berbukit-bukit, terletak di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna dengan ketinggian antara 680 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut, menyebabkan Kota Batu senantiasa berhawa sejuk sepanjang tahun.
           
Lokasi Jawa Timur Park terletak di lereng timur Gunung Panderman di bangun di atas area seluas ± 7 hektare memadukan tempat rekreasi dengan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga diharapkan dapat mengundang seluruh wisatawan terlebih peserta didik untuk mengenal secara lebih dekat kekayaan flora dan fauna, kekayaan budaya bangsa dan kemajuan teknologi dalam suasana rekreatif dan relaks.
           
Diharapkan sekolah sebagai institusi utama yang mengemban upaya pencerdasan kehidupan bangsa dapat memanfaatkan Jawa Timur Park sebagai media pembelajaran diluar kelas (outdoor activity) bagi perserta didiknya. Lebih jauh diharapkan, Jawa Timur Park dapat menggeser pola widya-wisata pelajar-mahasiswa dengan menempatkan widya-wisata pada akhir proses pembelajaran, bukan "di dalam proses pembelajaran".
           
Dengan suguhan "one stop service" Jawa Timur Park menyediakan beragam fasilitas:
-     Fasilitas pembelajaran yang menyuguhkan peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peragaan sejarah dan kehidupan sosial, peragaan biologi dan traditional knowledge. Insectarium, Animal diorama, Baby Zoo, Taman Burung, Taman Reptil, Taman Ikan.
-     Fasilitas rekreatif, yang berhubungan dengan unsure permainan dan hiburan.
-     Fasilitas pendukung, galeri seni dan souvenir.
-     Fasilitas umum, berupa tempat parkir, mushola, open teater, dan outlet.

Jawa Timur Park
Jl. Kartika No. 2, Batu 65314 – Jawa Timur /
Telp.                     : (0341) 597777
Fax                       : (0341) 598888
Email                    :  marketing@jatimpark.com
Website                : www.jatimpark2.com
Berdiri                   : 2001 (perluasan Desember 2010)
Luas                     : 17ha
Status                   : Swasta (PT. Bunga Wangsa Sejati)
Izin LK                   : 398/Kpts-II/2003 (4 Desember 2003)
                              
 
Jl. Oro-oro Ombo No. 9, Kota Batu
Telp.                     : (0341) 5025 777
Fax                       : (0341) 5025 666


Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed