Back
Taman Burung – TMII
Author Susi
Monday, Nov 4, 2013 1:30 am
Taman Burung – TMII
 
Kehadiran Taman Burung sebagai bagian integral dari Taman Mini "Indonesia Indah" ditandai dengan upacara peresmian yang dilakukan oleh Presiden RI, Bapak Soeharto pada tanggal 19 Agustus 1976. Sarana yang merupakan perwujudan dari salah satu gagasan besar almarhumah Ibu Tien Soeharto, bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia dari segi kekayaan sumberdaya hayati, khususnya burung, baik kepada wisatawan mancanegara maupun kepada masyarakat Indonesia sendiri.
 
Sepuluh tahun kemudian (1986) sarana yang luasnya hanya sekitar 6.000 m2 tidak lagi mampu menampung tambahan koleksi baru yang perlu dipamerkan. Tepatnya tanggal 27 April 1987 pengembangan Taman Burung TMII diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto. Hasil pengembangan ini tidak saja meningkatkan luas kawasan Taman Burung menjadi 6,5 hektar, tetapi juga semakin melengkapkan ketersediaan prasarana dan sarana pendukung. Kesemuanya itu mendorong meningkatnya kinerja dan prestasi Taman Burung dalam mengemban tugas dan fungsinya.
 
Taman burung dibangun berlandaskan pada konsep garis Wallace, suatu garis khayal yang melintas antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi di sebelah utara serta antara Pulau Bali dan Lombok di sebelah selatan. Garis ini membagi kawasan Indonesia menjadi dua paparan zoogeografi, yaitu paparan Indonesia sebelah timur (Sulawesi, Maluku, Irian, NTB dan NTT) dan paparan Indonesia sebelah barat (Jawa, Sumatera, Kalimantan dan pulau-pulau lain disekitarnya).
 
Atas dasar itu maka kawasan Taman Burung TMII dibagi menjadi dua kawasan, yaitu kawasan barat dengan rangkaian 4 buah kubah dan kawasan timur dengan rangkaian 5 buah raksasa. Di antara kedua kubah rakasasa tersebut sengaja dibangun sebuah kolam sempit memanjang dari sisi utara ke selatan. Kolam ini melambangkan lintasan garis khayal Wallacea sebagaimana dimaksud di atas.
 
Koleksi burung yang dimiliki diutamakan yang berasal dari Indonesia, saat ini jumlah koleksinya mencapai ± 3.800 ekor yang mewakili 250 jenis.

Taman Burung - Taman Mini Indonesia Indah
JAKARTA 13560
Telp.                     : (021) 840 1722 / 8409282
Email                    :  [email protected]
Website                : www.tamanmini.co.id
Berdiri                   : 19 Agustus 1976
Luas                     : 6 ha
Status                   : Yayasan Harapan Kita
Izin LK                   : 172/Kpts-II/2001 (11 Juni 2001)


Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed