Back
Dunia Serangga (Museum Serangga & Taman Kupu) TMII
Author Susi
Monday, Nov 4, 2013 1:32 am
Dunia Serangga (Museum Serangga & Taman Kupu) TMII
 
Gagasan dibentuknya Museum Serangga didasarkan pada kenyataan bahwa alam Nusantara memiliki kekayaan keanekaragaman flora dan fauna yang besar sehingga Indonesia terkenal dengan sebutan "MEGA BIODIVERSITY COUNTRY". Di antara faunanya, serangga memiliki keanekaragaman yang tinggi, dan sebagai komponen hayati, serangga ini pun berfungsi sebagai faktor seleksi, stabilisasi, simbiosis dan daur ulang, maupun faktor perusak dan penyebab penyakit. Manfaat kehadiran serangga bagi manusia yang sudah lama dikenal, baik sebagai sumber protein hewani, sumber pakan ternak, penghasil madu, sutera dan bahan industri lain maupun sebagai pemberantas hama. Atas dasar ini semua maka dibangunlah Museum Serangga, sebagai sarana dan wahana permuseuman Khasanah Warisan Alam dan Budaya Nusantara.
 
Museum Serangga - Taman Mini "Indonesia Indah" dengan luas gedung 500 m2, peresmian dan pembukaannya dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Soeharto dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-18 Taman Mini Indonesia Indah, tanggal 20 April 1993.
 
Tahun 1998, Museum Serangga TMII menambah fasilitas baru "Taman Kupu" yang dilengkapi laboratorium, kebun pakan dan kandang penangkaran dengan seluas 1500 m2. Museum Serangga berubah nama menjadi MUSEUM SERANGGA DAN TAMAN KUPU, diresmikan pada HUT Taman Mini "Indonesia Indah" ke-23 atas prakarsa dan dukungan Bapak Soedjarwo dari Yayasan Sarana Wana Jaya. Sarana ini diharapkan menjadi salah satu usaha penangkaran dan pelestarian kupu-kupu yang dilindungi dan yang langka.
           
Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu TMII dilengkapi dengan auditorium yang berkapasitas 70-100 orang, sajian film tentang serangga dan satwa lain, perpustakaan dan warung cinderamata. Laboratrium serta Taman Kupu yang asri.
 
Museum Serangga dalam program pendidikan telah melakukan penyuluhan khusus kepada rombongan pelajar dan mahasiswa jurusan biologi dan arsitek untuk praktek lapangan.
 
MS&TK juga telah melakukan pengamatan terhadap kupu-kupu dengan jenis Pappilio menon, Pappilio demolius, Troides helena dan Troides amphisus, dan telah berhasil melakukan penangkaran kupu-kupu yang dilindungi dan kupu-kupu yang unik.

Museum Serangga & Taman Kupu - TMII
JAKARTA 13560
Telp.                     : (021) 840 9472, 8779 0120
Fax                       : (021) 8779 0120
E-mail                   : mstktmii@yahoo.com
                               dunia.airtawar@tamanmini.co.id  
Website                : www.tamanmini.co.id
Berdiri                   : 1993
Luas                     : 1,5 ha
Status                   : Yayasan Harapan Kita
Izin LK                   : SK.229/Menhut-II/2010

Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed