Back
KRKB. Gembira Loka Yogyakarta
Author Susi
Tuesday, Nov 5, 2013 12:56 am
KRKB. Gembira Loka Yogyakarta
           
Sejak tahun 1933 atas perkenan Sri Sultan Hamengku Buwono IX direncanakan adanya tempat hiburan yang dinamakan "Kebon Rojo". Untuk melaksanakan rencana tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono IX minta bantuan seorang ahli bangsa Belanda bernama Ir. Karsten. Menurut Karsten tempat yang paling baik dan cocok disebelah barat Kali Winongo.
           
Rencana tersebut belum terealisir, perang dunia II meletus sehingga rencana mendirikan Kebon Rojo terlupakan. Baru pada tahun 1953 rencana untuk mendirikan Kebon Rojo dapat terealisir dengan berdirinya Yayasan "Gembira Loka". Yayasan tersebut berdiri dengan Akte Notaris RM. Wiranto nomor 11 tanggal 10 September 1953. Dalam Akte Notaris disebutkan Sri Paduka KGPAA Paku Alam VII sebagai Ketua Yayasan Gembira Loka. Yayasan itulah yang merintis berdirinya Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka. Dipilih dan ditetapkan nama "Gembira Loka" karena mempunyai arti tempat bersenang-senang atau tempat bergembira.
           
Sepuluh tahun kemudian (1963) seorang tokoh pecinta satwa bernama Tirtowinoto berminat dan berkeinginan memajukan Gembira Loka, dengan tulus mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran bahkan mengeluarkan dana pribadi yang tidak sedikit jumlahnya demi perkembangan Gembira Loka. Jerih payahnya membuahkan hasil, tahap demi tahap Gembira Loka mengalami kemajuan.
           
Ditengah-tengah Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka mengalir kali Gajah Wong yang mempunyai nilai sejarah sendiri. Kali Gajah Wong tersebut sebagai pemisah Kebun Raya dan Kebun Binatang, sedang untuk menghubungkannya dibuat dua buah jembatan yang diberi nama "Senggol" dan "Margo Gembira".

          
Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka sesuai fungsinya sebagai lembaga konservasi ex-situ telah berhasil mengembangbiakkan berbagai jenis satwa diantaranya bekantan, komodo, gibbon, kakatua dan onta serta beberapa jenis satwa lainnya.
           
Atas keberhasilannya itu, Pemerintah memberikan penghargaan Kalpataru dengan katagori Perintis Lingkungan kepada salah seorang stafnya Suwito Wongsodihardjo pada tahun 2001.

Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka Yogyakarta
Jl. Kebun Raya No. 2, Yogyakarta 55171
Telp.                     : (0274) 373861 / 374792 / 411322
Fax                       : (0274) 384666
Email                    : info@gembiralokazoo.com
Website                : //www.gembiralokazoo.com 
Berdiri                   : 10 November 1953
Luas                     : 20,4 ha
Status                   : Yayasan Gembira Loka
Izin LK                   : SK.393/Menhut-II/2006 (27 Oktober 2003)


Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed