Back
Sinka Island Park
Author Susi
Tuesday, Nov 5, 2013 2:14 am
Sinka Island Park
 
Singkawang adalah kota kecil yang sangat unik dengan masyarakatnya yang multi etnis dan hidup dengan penuh keharmonisan ditambah beberapa keunikan yang mendunia. Misalnya terdapat ribuan kuil / kelenteng yang bertebaran di kota ini, adanya ritual perayaan Cap Go Meh dimana terdapat ratusan paranormal yang saling mengadu kesaktian dengan berbagai atraksi seperti kebal senjata tajam dll. Dalam festival tersebut tentu melibatkan puluhan ribu personil mulai dari pemikul tandu, pemukul alat musik, aparat keamanan dan disaksikan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
           
Singkawang sendiri berasal dari kata SAN KHEO JHONG yang berarti hutan, lautan berteluk dan alam nyata, yang berarti alam yang dikelilingi oleh hutan dan lautan yang berteluk.
           
Dari beberapa kata tersebut maka pendiri tempat pariwisata SINKA memberi nama SINKA ISLAND PARK yang berarti sebuah taman yang terdiri dari pegunungan, Teluk (Teluk Karang & Teluk Mak Jantu) dan pulau di Singkawang (pulau Simping).
           
Sinka Island Park adalah sebuah taman rekreasi serta sebagai lembaga konservasi sesuai Keputusan Menteri Kehutanan No. SK.441/Menhut-II/2007 tentang pemberian izin, telah memprogramkan mendatangkan berbagai jenis satwa langka di dunia sebagai koleksi. Tujuan didirikannya lembaga konservasi Sinka Island Park antara lain adalah mendukung program kerja pemerintah dibidang pariwisata, pelestarian satwa langka, dunia pendidikan khususnya bagi pelajar di kota Singkawang dan sekitarnya.
           
Lokasi Sinka Island Park terletak di Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Propinsi Kalimantan Barat. Luas areal ± 58 ha yang diperuntukan:
·           Taman Rekreasi dan Taman Bermain seluas ± 5 ha
·           Lembaga Konservasi seluas ± 38 ha
·           Taman Hiburan, Cottage dan Perhotelan seluas ± 15 ha       
 
Sinka Island Park telah mengkoleksi beberapa jenis satwa dan masih akan berkembang sebagaimana telah diprogramkan. Total keseluruhan koleksi satwa berjumlah sekitar 275 ekor yang terdiri dari aves 137 ekor, mamalia 117 ekor dan reptilia 30 ekor (data bulan Desember 2008) beberapa satwa seperti orangutan, kasuari, buaya muara, buaya sinyulong, beruang madu, julang emas, kangkareng hitam, bermacam-macam elang dan cangak, selain sumbangan ada beberapa satwa yang merupakan hasil tukar menukar dengan lembaga konservasi anggota PKBSI.
           
Sinka Island Park berharap dengan berdirinya lembaga konservasi ini akan banyak bermanfaat bagi masyarakat dan negara, khususnya bagi dunia pendidikan. Selain itu keberadaan Sinka Island Park dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. Oleh karena itu kami mohon dukungan baik moril maupun meteriil kepada semua pihak sehingga lembaga konsevasi ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan.

Sinka Island Park, Singkawang
Jl. Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau
Kecamatan Singkawang Selatan – Kalbar
Telp.                     : (0562) 632279
Fax                       : (0562) 632695
Email                    : sinka_island@yahoo.com
Website                : 
Berdiri                   : April 2007
Luas                     : 35 ha
Status                   : Swasta (CV. Sinka Isand Park)
Izin LK                   : SK.441/Menhut-II/2007 (17 Desember 2007)

Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed