Back
Kini HammerHead Shark Ada Di SeaWorld Indonesia
Author Susi
Friday, Dec 6, 2013 1:36 am
Kini HammerHead Shark Ada  Di SeaWorld Indonesia
KINI HAMMER HEAD SHARK ADA  DI SEAWORLD INDONESIA

               SeaWorld Indonesia memperkenalkan pesona salah satu ikan hiu terunik di dunia pada penghujung tahun 2013. Hiu kepala martil atau hammerhead shark akan menjadi salah satu jenis ikan penghuni  di SharkQuarium  (Akuarium Ikan Hiu) di Seaworld Indonesia.
Kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini Rika Sudranto selaku General Manager SeaWorld Indonesia mengatakan sebanyak 10 hiu martil didatangkan dari Taiwan, dan kini tengah beradaptasi di kolam Sea World. Hiu-hiu dengan kepala unik mirip martil tersebut baru berumur sekitar setahun dengan panjang sekitar 90 cm.
Nama Hiu Martil  diberikan karena bentuk kepalanya yang lebar dan berbentuk seperti martil atau palu. Dengan mata yang terletak pada ujung kepala, hiu ini dapat memiliki jangkauan penglihatan dan persepsi kedalaman yang lebih baik. Selain itu penglihatan, pendengaran dan indra penciuman juga lebih tajam dan akurat.
Hiu martil adalah predator teratas yang makanan utamanya adalah ikan dan avertebrata. Ada terdapat sembilan spesies hiu martil berukuran 2 - 6 meter. Dari sembilan spesies hiu martil terdapat tiga paling berbahaya bagi manusia yaitu scalloped, great, dan smooth hammerhead.
Hiu Martil mampu mendeteksi sinyal listrik setengah miliar Volt. Menemukan partikel di air 10 kali lebih akurat. Membentuk kelompok di siang hari dan menjadi pemburu solo di malam hari. Reproduksi secara vivipar dengan masa kehamilan 9 -10 bulan serta melahirkan 15 hingga 30 anak.
Sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan hiu dan memberikan informasi yang benar mengenai hiu kepada masyarakat, SeaWorld Indonesia menampilkan hiu di akuarium utama bersama dengan ikan-ikan yang lain dan juga di kolam sahabat laut sejak tahun 1994.
Bahkan Sang Raja Lautan ini diangkat menjadi maskot SeaWorld Indonesia. Tokoh Woli & Wola merupakan salah satu jenis hiu penghuni akuarium utama SeaWorld Indonesia yaitu Hiu Sirip Hitam (Black tip reef shark – Carcharinus melanopterus).
SeaWorld Indonesia sejak tahun 2005 membuka wahana baru – SharkQuarium  (Akuarium Ikan Hiu). Akuarium hiu yang baru ini berukuran panjang 12,5 meter, lebar 9,4 meter dan kedalaman air 5,5 meter dengan volume 650.000 liter. Akuarium ini dilengkapi dengan akrilik yang berukuran lebar 12, 2 m dan tinggi 3 meter dengan ketebalan 155 mm.
Sebagai salah satu penghuni utama SeaWorld Indonesia dan juga salah satu biota yang sangat dikagumi olah masyarakat, ikan hiu menjadi primadona di antara biota laut lainnya. Ikan hiu menjadi  bentuk inovasi serta menambah kemegahan dari Sharkquarium yang ada di SeaWorld Indonesia.Selamat buat Seaworld Indonesia!
Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed