Back
Silaturahmi dan Halal Bihalal PKBSI 2019
Author Susi
Wednesday, Jul 3, 2019 12:23 pm
Silaturahmi dan Halal Bihalal PKBSI 2019
Masih dalam suasana Idul Fitri 1440 Hijriah, PKBSI mengadakan “Silaturahmi dan Halal Bihalal” yang diadakan pada Selasa, 2 Juli 2019, di Function Hall, Apartemen Senayan Residence, Jakarta.
 
Acara dihadiri oleh Dewan Pelindung, Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Dewan Pengurus, pimpinan Lembaga Konservasi anggota PKBSI beserta jajarannya, mitra dan stakeholder, serta tamu undangan. Hadir Ketua Dewan Penasehat PKBSI, Prof. Dr. Emil Salim, yang memberikan sambutan dan wejangan agar PKBSI dapat turut membantu pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di Sumatera agar tidak merusak dan mengganggu habitat satwa di alam. Prof. Emil Salim menilai PKBSI memiliki SDM yang mumpuni yang paham akan satwa liar dan perilakunya sehingga diharapkan kolaborasi ini dapat mewujudkan pembangunan infrastruktur yang tetap menjaga habitat dari satwa liar. Hal ini diharapkan dapat mengurangi angka konflik manusia dengan satwa liar yang semakin sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir akibat alih fungsi lahan yang merusak habitat asli satwa yang sudah ada lebih dahulu.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, KLHK, Drh. Indra Exploitasia, MSi, juga menyampaikan sambutannya dan berharap PKBSI bersama dengan KKH dapat terus mendukung perkembangan dan pembinaan Lembaga Konservasi di Indonesia agar lebih baik lagi khususnya dari segi kesejahteraan satwa yang dapat lebih ditingkatkan.
 
Acara dibuka oleh sambutan dari Ketua Umum PKBSI, DR. H. Rahmat Shah. Dilanjutkan dengan presentasi oleh Sekjen PKBSI, Tony Sumampau, yang menyampaikan berbagai isu pengelolaan satwa di LK yang mudah sekali menjadi viral sehingga sangat penting bagi LK untuk memperhatikan pengelolaan satwanya agar lebih sejahtera lagi. Selain itu, ditekankan juga pentingnya respon yang cepat dalam menanggapi kritikan dengan memberikan klarifikasi agar masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh berita negatif yang menyerang LK.
 
PKBSI juga menyampaikan informasi kegiatan Action Indonesia Day, yang dibawakan oleh Kabid Edukasi dan Pelatihan PKBSI, Dr. Drh. Ligaya ITA Tumbelaka, SpMP, MSc. Action Indonesia Day merupakan hari kampanye satwa yang mengangkat edukasi satwa yang dikelola dalam program GSMP, yaitu anoa, banteng, babirusa, dan harimau Sumatra. Action Indonesia Day akan diadakan pada 18 Agustus 2019 serentak di Indonesia, Eropa, dan Amerika yang menargetkan partisipasi dari 60 institusi untuk secara bersama mengangkat isu konservasi mengenai keempat jenis satwa tersebut.
 
Acara silaturahmi dan halal bihalal merupakan momen yang penting untuk tetap menjaga hubungan baik antar anggota PKBSI dan para mitra. Momen ini juga bermanfaat untuk menyampaikan segala isu terbaru dalam pengelolaan lembaga konservasi di Indonesia.
Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed