Back
RAKORNAS PKBSI 2019
Author Susi
Monday, Nov 4, 2019 4:40 pm
RAKORNAS PKBSI 2019
Pertemuan insan perkebunbinatangan yang diadakan secara rutin setiap tahun ini dihadiri oleh 116 peserta yang berasal dari Dewan Pembina dan Dewan Pengurus PKBSI, Lembaga Konservasi anggota dan calon anggota PKBSI, Kementerian LHK, Kementerian Dalam Negeri, pemerintah daerah, dan mitra PKBSI baik dari dalam maupun luar negeri.

Rakornas dirangkai dengan Training "Bird Husbandry in Captivity" dengan instruktur Dr. Kevin Lazarus dari MAZPA (Malaysia Association of Zoological Park and Aquaria), dan Dr. Ratna Kumar dari Thailand (HKS International).

Secara resmi Rakornas dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau yang diwakili oleh Asisten I Pemprov Kepulauan Riau, Drs. Raja Ariza, MM, didampingi oleh Ketua Dewan Pembina PKBSI, Mayjen TNI (Purn) Drs. Tanribali Lamo, SH, Ketua Umum PKBSI, Dr. H. Rahmat Shah, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Direktur Safari Lagoi Bintan, Tonny Budhi Hardjo.

Diawali Munaslub dengan agenda tunggal pengesahan penyempurnaan AD ART PKBSI berjalan lancar, disetujui oleh seluruh LK Anggota PKBSI, dan sebagai bentuk komitmen kerjasama internasional, PKBSI juga melakukan penandatangan perpanjangan MoU PKBSI - GSMP periode tahun 2019-2024.

Pemilihan lokasi kawasan resort Bintan ini bukanlah tanpa alasan. Setelah acara, peserta juga diajak menikmati berbagai obyek wisata antara lain Treasure Bay Bintan (kolam renang terbesar di Asia Tenggata), Safari Lagoi Bintan, Mangrove Tour untuk melihat kunang-kunang, dan tentu saja yang tak kalah menarik, kunjungan study tour ke Singapore Zoo untuk melihat lebih dekat pengelolaan salah satu kebun binatang terbaik di dunia ini.

Rakornas juga menghasilkan Deklarasi Nawa Bakti PKBSI berisi 9 butir komitmen PKBSI dalam mendukung upaya konservasi khususnya di bidang ex-situ.

Rakornas diharapkan dapat membawa PKBSI dan LK ke arah yang lebih baik lagi khususnya setelah kesempatan berharga berkunjung ke Singapore Zoo untuk menyerap segala ilmu terkait pengelolaan satwa.

Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed