Back
Taman Satwa dan Wisata Bumi Kedaton
Author Susi
Monday, Nov 4, 2013 1:25 am
Taman Satwa dan Wisata Bumi Kedaton
 
Keberadaan Taman Satwa dan Wisata Bumi Kedaton di Kota Bandar Lampung tak lepas dari suatu proses yang panjang, berawal dari sebidang tanah yang berupa area kebun tanaman keras yang terletak di Kelurahan Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung Utara. Melihat beberapa potensi spesifik Kelurahan Batu Putuk yang berupa daerah perbukitan daera penghasil buah-buahan, lahan yang subur, adanya aliran sungai dan lain-lainnya, munculah ide bahwa tanah yang berupa kebun tanaman keras tersebut dapat dikembangkan menjadi lokasi wisata kota.
Ide tersebut didukung pula dengan melihat peluang bahwa area wisata di daerah perbukitan yang dekat dengan pusat kota belum dikembangkan.
 
PT. Bumi Kedaton didirikan (akta pendirian Nomor: C-31496 HT.01.01.2004 tgl. 20 Oktober 2004), dilanjutkan dengan menata lingkungan, membuat prasarana / sarana serta melakukan kerjasama dengan pihak Taman Nasional Way Kambas, maka pada hari raya pertama Idul Fitri 1 Syawal 1425 H, Taman Satwa dan Wisata Bumi Kedaton mulai dioperasionalkan.
 
Melihat apresiasi masyarakat kota terhadap keberadaan areal wisata baru di Kelurahan Batu Putuk dan mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandar Lampung, dimana wilayah Kelurahan Batu Putuk dikembangkan menjadi wilayah pengembangan wisata kota, menjadikan suatu dorongan bagi pengelola Taman satwa dan Wisata Bumi Kedaton untuk terus melakukan upaya-upaya pembenahan dan pembangunan baik secara fisik maupun non fisik.
 
Banyak prasarana dan sarana yang telah siap melayani pengunjung, antara lain tersedianya fasilitas penginapan (cottage), kolam renang, café, out bound, camping ground, kolam pancing, tunggang gajah & tunggang kuda, dan fasilitas pendukungnya. Koleksi satwa juga terus ditambah, sehingga pada saat ini telah ada beberapa jenis satwa antara lain, gajah (kerjasama dengan Taman Nasional Way Kambas), kuda, beruang madu, jenis monyet (siamang, beruk, monyet ekor panjang), jenis unggas , jenis reptile , landak dan musang.
 
Kedepan, Taman Satwa dan Wisata Bumi Kedaton akan terus berbenah, sehingga dapat menjadi tempat tujuan wisata nasional maupun internasional. Disamping itu pembangunan di area Taman Satwa dan Wisata Bumi Kedaton telah memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya.


Taman Agro Satwa & Wisata Bumi Kedaton
Jl. W.A. Rahman No. 1-3, Kel. Batu Putu, Kec. Teluk Betung Utara,
BANDAR LAMPUNG 35239
Telp.                     : (0721) 748 8047
Fax.                      : (0721) 715 4152
Email                    : bumikedaton@yahoo.com
Website                : 
Berdiri                   : Oktober 2004
Luas                     : 30 ha
Status                   : Swasta (PT. Bumi Kedaton)
Izin LK                   : SK.525/Menhut-II/2006 (30 September 2006)


Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed