Back
Kunjungan Pembinaan ke Lembaga Konservasi di Sumatra
Author Susi
Tuesday, Mar 27, 2018 10:53 am
Kunjungan Pembinaan ke Lembaga Konservasi di Sumatra

PKBSI sebagai induk organisasi perkebunbinatangan di Indonesia memiliki fungsi pembinaan, pengembangan, dan peningkatan profesi perkebunbinatangan bagi para anggotanya. Sejalan dengan hal tersebut, dewan pengurus PKBSI melakukan kunjungan kerja ke beberapa lembaga konservasi yang berada di wilayah Sumatra Utara & Sumatra Barat pada tanggal 16-19 Maret 2018.

Tim terdiri dari Sekjen PKBSI (Tony Sumampau), Kabid Organisasi PKBSI (Prof. Dr. Gono Semiadi), Anggota Bidang Konservasi (Bisma Bratakusuma), Anggota Bidang Organisasi (Al Amin Syahputra Pelis), dan Korwil Sumatra dan Kalimantan PKBSI (M. Irwan Nasution).

Lembaga konservasi yang dikunjungi antara lain Kebun Binatang Medan, Rahmat Zoo & Park, Taman Hewan Pematangsiantar, Taman Margasatwa Kasang Kulim Riau, Taman Margasatwa Kinantan Bukittinggi, dan Taman Satwa Kandi Sawah Lunto. Selain itu, tim juga berkesempatan untuk mengunjungi Kantor BBKSDA Sumatra Utara dan Orangutan Heaven serta bertandang ke kantor BKSDA Riau.

Dalam kunjungan tersebut, tim PKBSI meninjau secara langsung pengelolaan LK di masing-masing tempat. Hasil kunjungan menemukan bahwa sebagian LK sudah baik, namun sebagian masih memerlukan berbagai perbaikan baik dari segi infrastruktur, SDM, dan pengelolaannya. Tim PKBSI juga memberiksan saran dan masukan bagi LK agar dapat dilakukan pembenahan ke arah yang positif. Perlu adanya suatu terobosan, komitmen, dan perhatian mendalam dari LK dan juga dari pemerintah daerah setempat agar dapat berkembang lebih baik lagi. Selain itu, diharapkan pula agar koordinator wilayah dapat dengan aktif menindaklanjuti hasil dari kunjungan ini agar dapat secara bersama memajukan pengelolaan LK di wilayah Sumatra.
Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed