Back
MENGUNJUNGI CALON ANGGOTA
Author Susi
Friday, Nov 9, 2012 8:53 am
MENGUNJUNGI CALON ANGGOTA

 
Bakas dan Piayu, dua wahana wisata satwa berlokasi di Bali ini berkeinginan menjadi bagian dari PKBSI
 
Sebutan Pulau Dewata untuk Bali memang pantas disandang, tergambar dari alam yang begitu indah mulai dari laut, pantai, lembah, bukit hingga gunung semua menawarkan keelokan dan kecantikan bak dewa dewi. Sementara adat budaya yang luhur dapat terjaga dan lestari menambah pesona yang menjadi magnet berbagai bangsa dari penjuru dunia datang tidak hanya untuk berwisata, berwirausaha, berkarya bahkan menimba ilmu.
Adalah Bakas Levi Elephant Tour di Klungkung dan Piayu Samudra Loka di Badung, dua usaha wisata satwa terestrial dan akuatik baru yang berada di Bali mengajukan permohonan menjadi anggota PKBSI, maka senyampang tugas dinas Dewan Pengurus ke Pulau Bali yaitu Sekjen PKBSI, Tony Sumampau, Ketua Bidang Organisasi, anggota, hukum dan etika, Endang Budi Utami dan Ketua Bidang Pendidikan dan Penelitian, Ligaya ITA Tumbelaka  ”mencuri” waktu untuk berkunjung serta berdiskusi dengan kedua pengelola lembaga konservasi tersebut.
Kunjungan diawali dengan menyusuri pantai yang panas menyengat di pulau Serangan melalui jalan mulus di lingkungan hijau yang rapat dengan pohon bakau hasil reklamasi pantai menuju kantor pengelola Piayu. Beberapa menit kemudian rombongan meluncur menggunakan speedboat menuju tempat rekreasi lumba – lumba yang terletak di laut. Terlihat tamu yang datang seluruhnya turis asing dewasa maupun anak sangat menikmati bermain dengan lumba – lumba. Siap byuuur dan basah untuk menikmati bermain dengan lumba – lumba di perairan pulau Serangan.
Dengankondisi lokasi rekreasi di tengah laut, Tim PKBSI menyarankan kepada pimpinan PT. Piayu Samudra Loka agar meningkatkan pengamanan terhadap satwa agar tidak lepas, menjaga kebersihan kolam dari sampah plastik dan memperhatikan kesejahteraan satwa terutama pengaturan frekuensi ”bermain”.    
Esok harinya perjalanan dilanjutkan menuju Bakas, dengan cuaca pagi yang mendung disusul gerimis namun perjalanan ke lokasi melewati pedesaan yang asri penuh dengan sawah dan pekarangan hijau membuat mata sejuk dan adem. Sesaat tibalah di Bakas Levi Elephant Tour dengan taman dan lingkungan yang tertata asri, sesekali terlihat gajah dengan penumpang di punggungnya lalu lalang di jalur tracking dan terlihat beberapa sangkar konvensional di sekitar restoran dan ruang pertemuan.
Kunjungan ke Bakas disertai pula dengan diskusi dan bincang-bincang, disini Tim PKBSI menyarankan agar pengelola dapat menyesuaikan model perkandangan dengan jenis, perilaku alami serta biologi agar satwa tidak tersiksa. Disampaikan pula kepada Bakas agar selalu meningkatkan pengetahuan dan menjalin komunikasi dengan anggota PKBSI lainnya dalamrangka menambah pemahaman mengenai pengelolaan satwa secara sejahtera.
Kehadiran kedua calon anggota dari Bali inisangat diharapkan pada ajang Rakornas PKBSI  2012 di Yogyakarta. Selanjutnya status keanggotaan akan dibahas dalam rapat Dewan Pengurus pada Rakornas tersebut. Semoga ....

sumber : EBU
foto : PKBSI

Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed