Back
Kunjungan Kerja dan Pembinaan di Kebun Binatang Bandung
Author Susi
Sunday, Jan 21, 2018 3:02 pm
Kunjungan Kerja dan Pembinaan di Kebun Binatang Bandung
PKBSI sebagai wadah tunggal  lembaga konservasi di Indonesia telah menjadi mitra pemerintah dalam pembinaan lembaga konservasi di Indonesia. Salah satu lembaga konservasi yang belakangan ini secara intensif dibina oleh PKBSI adalah Kebun Binatang Bandung (KBB) yang sejak awal 2017 sering mendapat kritikan terkait pemeliharaan dan pengelolaan satwa di tempat tersebut. Selama kurang lebih satu tahun dalam pembinaan PKBSI, KBB telah menunjukkan berbagai perubahan yang positif.

Pada tanggal 15 & 16 Januari 2018,  pengurus PKBSI bersama kementerian LHK mengunjungi KBB untuk melihat secara langsung perubahan yang telah dilakukan di KBB sekaligus melakukan pembinaan lebih lanjut. Berdasarkan hasil kunjungan tersebut, semua pihak mengakui adanya perbaikan yang sangat signifikan di KBB selama masa pembinaan oleh PKBSI.

Berbagai perbaikan yang sudah dilakukan tersebut antara lain:
Revitalisasi eksibit beruang madu dalam hal substrat dan jenis pengayaan (enrichment) serta renovasi kandang dalam
Perbaikan kondisi gudang pakan satwa yang dibuat lebih rapih dan kualitas kontrol pakan yang terjaga
Peningkatan kualitas eksibit binturong dalam hal substrat dan fasilitas kandang
Perbaikan eksibit dan kandang zebra dalam hal substrat dan penanaman pohon serta perbaikan taman di depan eksibit agar lebih indah
Revitalisasi pada eksibit tapir dalam hal alas kandang
Perbaikan drainase dan penambahan atap tempat pakan rusa tutul
Perbaikan drainase di eksibit rusa Timor
Penempatan kakatua ke lingkungan luar secara berkala
Peningkatan standar nutrisi satwa herbivora
Perbaikan eksibit banteng dalam hal substrat
Perbaikan kandang gajah Sumatra
Pergantian railing pengunjung pada eksibit gajah
Penambahan shelter di eksibit harimau Sumatra untuk menstimulasi mental dan melatih otot satwa tersebut, serta renovasi pada kandang tidurnya
Penambahan enrichment di eksibit orangutan
Perbaikan signboard atau papan informasi di setiap eksibit satwa agar lebih informatif dan menarik
Peningkatan kesejahteraan staff KBB

Setelah berbagai perbaikan yang sudah dilakukan tersebut, KBB pun telah berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan peran mereka sebagai lembaga konservasi antara lain pelepasliaran burung jalak kerbau pada November 2017, serta mengadakan pelatihan Zoo Educator pada Oktober 2017. Kabar terbaru yang sangat menggembirakan sebagai keberhasilan KBB adalah kelahiran beruang madu betina pada Desember 2017 yang lalu. Beruang madu betina tersebut lahir dari indukan Riri dan pejantan Kardit. Kardit sendiri merupakan beruang madu yang mendapat sorotan tajam pada awal 2017 karena diduga malnutrisi, namun dengan upaya bersama dari berbagai pihak maka Kardit telah berhasil memiliki keturunan yang dapat membantu meningkatkan populasi beruang madu di lembaga konservasi.

Berbagai hal positif telah berhasil dilakukan oleh KBB. Kita berharap bersama agar KBB dapat terus meningkatkan upaya pengelolaannya agar dapat lebih baik lagi dari sebelumnya dan tentu saja supaya hal yang sama dapat ditiru oleh semua lembaga konservasi yang ada agar peran dan fungsi lembaga konservasi dapat lebih optimal lagi.
Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed