Back
Taman Satwa Kasang Kulim, Riau
Author Susi
Monday, Nov 4, 2013 1:14 am
Taman Wisata & Margasatwa Kasang Kulim
 
Dalam rangka turut serta menunjang program pemerintah dibidang pariwisata dan mensukseskan pelestarian lingkungan, Yayasan Bina Wisata merintis berdirinya suatu kawasan taman wisata dan margasatwa. Taman wisata tersebut sangat didambakan keberadaannya oleh masyarakat Riau khususnya kota Pekanbaru dan Bangkinang.
 
Rintisan tersebut terwujud dengan berdirinya kebun binatang yang dikukuhkan dalam Akte Notaris No. 10, tertanggal 5 September 1991 dibawah naungan Yayasan Bina Wisata yang diketuai oleh Bapak H. Usman (alm).
 
Selanjutnya kebun binatang ini diberi nama Taman Wisata & Margasatwa Kasang Kulim. Program pengembangan kebun binatang ini mendapatkan tanggapan dan dukungan berbagai pihak, baik masyarakat umum maupun kalangan kebun binatang di Indonesia diantaranya Kebun Binatang Bukittinggi.
 
Untuk dapat menarik minat pengunjung terutama anak-anak maka Taman Wisata & Margasatwa Kasang Kulim dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung diantaranya camping ground, taman hiburan, sepeda air, bangunan tradisional, dll. Setelah melalui tahapan dan evaluasi serta berbagai upaya pembinaan, maka pada pelaksanaan Musyawarah Nasional (MUNAS) ke-IX Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia (PKBSI) tahun 2001 di Yogyakarta, Taman Wisata dan Margasatwa Kasang Kulim diterima secara resmi sebagai Anggota PKBSI.
 
Taman Wisata dan Margasatwa Kasang Kulim, Riau
Jl. Raya Teratak Buluh, Desa Kumbang, Kabupaten Kampar
PEKANBARU – RIAU
 
Jl. H. Usman No. 1, Kubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar
Pekanbaru - Riau
Telp.                     : (0761) 4849 100 / 0813 7822 2218
Email                    : riauzoo@ymail.com
Website                : 
Berdiri                   : 1991
Luas                     : 17 ha
Status                   : Yayasan Bina Wisata
Izin LK                   : 250/Kpts-II/1999 (28 April 1999)

Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed