Munas XIV 2023 PKBSI : Penganugerahan Penghargaan Konservasi
By PKBSI
Tuesday - November 14, 2023 9:28 am     Article Hits:189     A+ | a-
Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia dalam Acara Musyawarah Nasional XIV 2023 di Sentul – Bogor, memberikan penghargaan Konservasi kepada tiga orang yang memberikan kontribusi dan dedikasi yang tinggi terhadap konservasi satwa liar khusus nya dalam lingkup perkebunbinatangan di Indonesia.

DR. H. Rahmat Shah, Ketua Umum PKBSI periode 2018-2023 memberikan piagam Penghargaan secara langsung kepada penerima Penghargaan, yaitu Prof. Dr. Emil Salim, Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri, dan Drs. Jansen Manansang, M.Sc.

Prof. Emil Salim dalam penyampaian nya mengatakan bahwa Indonesia tidak mengenali musim hujan yang biasa terjadi pada bulan September hingga Desember, sehingga terjadi dampak penyusutan debit air di waduk, Sungai dan Danau, dimana kondisi ini akan diperparah dengan terjadinya El nino yang akan diprediksi oleh BMKG terjadi pada tahun 2024.

Beliau juga mengajak para pimpinan lembaga konservasi untuk menjadikan lembaga konservasi kita sebagai pusat dari pangkalan ide dan ilmu pengetahuan untuk menghadapi perubahan ilklim ini bersama-sama. Selain itu, kebun binatang dapat menjadi benteng penting bagi upaya penyelamatan hewan dalam menghadapi perubahan iklim. Dengan tantangan yang semakin kompleks ini, pimpinan lembaga konservasi harus memulai dengan gaya pengelolaan yang baru agar dapat menyesuaikan dengan kondisi alam saat ini.