Kunjungan Kerja PKBSI-GSMP
By PKBSI
Monday - March 16, 2020 8:52 pm     Article Hits:819     A+ | a-
Tim PKBSI-GSMP melakukan kunjungan kerja ke 12 Lembaga Konservasi di Indonesia, pada 9 s/d 15 Maret 2020.
Kunjungan kerja ini merupakan tindak lanjut dari program PKBSI-GSMP terhadap 4 satwa anoa, banteng, babirusa & harimau Sumatera untuk target perkembangbiakan genetik yang baik & berkualitas.
12 LK yang dikunjungi antara lain : Taman Margasatwa Ragunan, Taman Safari Indonesia-Bogor, Taman Satwa Cikembulan-Garut, Bandung Zoological Garden, Kebun Binatang Surabaya, Maharani Zoo-Lamongan, Batu Secret Zoo-Jatim Park, Taman Safari Indonesia-Prigen, Taman Satwa Taru Jurug-Surakarta, R Zoo & Park- Medan, Taman Hewan Pematang Siantar & Medan Zoo

Tim PKBSI-GSMP dipimpin oleh Tony Sumampau selaku Sekjen PKBSI, dengan anggota Tim : Prof. Dr. Gono Semiadi (Kabid Organisasi, Hukum, Keanggotaan, dan Penelitian PKBSI), Dr. James Burton (Chair, IUCN-SSC AWCSG), Joseph Forys (Kurator, Audubon Zoo, Amerika), dan Corinne Bailey (Programme Officer AWCSG, Chester Zoo). Selain itu, perwakilan BKSDA setempat juga hadir dalam setiap kunjungan di wilayah LK masing-masing.

Kunjungan kerja ini membahas perkembangan rekomendasi GSMP Ke-2 serta rencana kegiatan riset genetik satwa GSMP di LK. Selain itu, setiap LK juga diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk menyusun strategi rencana pengelolaan satwa GSMP yang akan dibahas dalam Workshop GSMP Ke-3 di tahun 2021. Tim yang berkunjung juga memberikan berbagai saran dan masukan terkait pengelolaan LK agar dapat lebih meningkatkan kualitas pengelolaan satwa dengan mengedepankan prinsip five domain.