Animal Facts
By PKBSI
Saturday - April 13, 2024 11:55 am     Article Hits:18     A+ | a-

Animal Facts - Unggas
 
Rangkong adalah salah satu jenis burung berparuh besar yang memiliki karakteristik unik. Rangkong mudah dikenali dari ciri khas tubuhnya yaitu berupa paruh yang besar melengkung, panjang dan ringan. Setiap jenis rangkong memiliki perbedaan tersendiri yaitu pada warna bulu, bentuk, ukuran dan warna balungnya. Keragaman spesies burung rangkong atau enggang di Indonesia sangatlah tinggi dibandingkan dengan negara lain di Asia.
 
     

Total 32 spesies rangkong atau enggang yang ada di Asia, hampir setengahnya terdapat di Indonesia yaitu sebanyak 13 spesies yang tersebar di hutan hujan tropis, dimana 3 spesies di antaranya merupakan endemik Indonesia. Seluruh spesies rangkong yang ada di Indonesia merupakan satwa yang dilindungi melalui Undang-undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa. Berdasarkan data (IUCN, 2016) burung rangkong termasuk hewan yang dilindungi karena populasinya sudah dalam kondisi hampir terancam punah (Near threatened) sampai dengan kritis (Critical endangered).

Selain persebaran burung rangkong di Indonesia berada di alam bebas, beberapa LK Indonesia juga turut melakukan pelestarian burung Rangkong ini, yaitu Solo Safari di spot New Aviary, Taman Safari Indonesia Bogor di spot Bird Aviary, Taman Margasatwa Ragunan di spot Area Burung, dan Jaga Satwa TMII.
Perlindungan dan pelestarian Rangkong harus dilakukan dengan serius. Keberadaan burung ini tidak hanya penting untuk keberlangsungan hidupnya sendiri, tetapi juga untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati di hutan.

Ayo menjadi individu yang dapat mencintai alam dan bantu melestarikan satwa endemik Indonesia dengan menyebarkan informasi keberadaan mereka.


Untuk informasi menarik selengkapnya dapat kunjungi Instagram @PKBSI yaaa ^^ 


Salam Lestari!

Sumber:
balaiksdasumsel.org
Pratama, Sarpin, M., dkk. (2021). Keanekaragaman Jenis Burung Rangkong (Bucerotidae) Di Stasiun Penelitian Way Canguk Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Jurnal Belantara Vol. 4, No. 2, Agustus 2021 (153-163) E-ISSN 2614-3453. DOI: 10.29303/jbl.v4i2.511
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields